Wednesday, April 18, 2012

5 Reptil Terbesar di Bumi



Reptil adalah jenis hewan vertebrata/ memiliki tulang belakang dan berdarang dinggin mengikuti keadaan suhu yang sama dengan habitatnya.  Ukuran reptil cukup bervariasi, ada yang berukuran kecil hingga yang memiliki berat 1 ton.

Hewan jenis ini telah menginjak bumi sejak 300 tahun yang silam, tetapi hewan ini punah dan meninggalkan sisa-sisa kehidupan hewan besar ini yang terungkap hanya 5 jenis reptil saja seperti :

1. Saltwater Crocodile



Hewan ini dalam bahasa Indonesia adalah buaya air asin tentunya habitat buaya ini terdapat di air asin.  Buaya ini merupakan hewan jenis reptil terbesar di dunia yang memiliki panjang 6 meter ( 20 kaki ).  Hewan reptile raksasa ini memiliki gigi tajam dan memiliki kemampuan hentakan gigit hingga berkilo-kilo.

Buaya ini terdapat di Benua Australia dan Asia tenggara, tetapi pernah di temukan di pentai Jepang, karena dikenal dengan buaya air asin, maka dia bisa hidup di laut.

2. Leatherback Sea Turtle



Penyu raksasa dengan memiliki panjang 2 meter ( 7 kaki ) dan memiliki panjang sirip sekitar 3 meter ( 8 kaki ).  Didalam tempurung penyu ini terdapat bersel-sel lemah yang berguna untuk menghangatkan badan si penyu sehingga mampu menyelam dengan kedalaman 1200 meter ( 4000 kaki ) yang memiliki suhu sangat dingin.

hewan ini memakan segala jenis ubur-ubur, tetapi mereka banyak kedapatan mati karena salah mengerti telah memakan sampahan plastik yang telah di buang oleh manusia yang tak bertanggung jawab.

3. Reticulated Phyton



Jenis hewan reptil melata ini memiliki tubuh yang besar dari ular-ular lainya, namun tidak melihat dia memiliki besar pada tubuhnya, ular ini bisa dengan lincah bergerak bebas di perairan.  Hewan ini tercatat memiliki panjang mngelahkan buaya air asin dengan panjang sekitar 6,95 meter ( 22,8 kaki ).

4. Komodo Dragon



Beruntung Indonesia memiliki Pulau yang dinamakan pulau komodo.  Pulau ini masuk pada 7 keajaiban dunia.  Hewan ini hanya ada di daratan Indonesia dengan memiliki panjang hingga 3 meter ( 10 kaki ).  Hewan ini biasanya berburu mangsanya pada sore hari, dengan badan yang besar mampu berlari kencang mengejar mangsanya dan menerkam dengan gigi yang tajam.  Komodo memiliki air liur yang fatal yang bisa menginfeksi racun pada tubuh mangsanya.

5. Tuatara




Jenis iguana ini memang tidak memiliki ukuran besar seperti empat hewan yang telah disebutkan di atas, namun hewan ini merupakan kerabat terdekat dari reptil dan ular yang pernah hidup di era Mesozoic, sekira 250 juta tahun lalu. Tuatara memiliki kaki dan struktur otak yang sangat mirip dengan hewan amfibi. Kabarnya, hewan ini memiliki tiga kelopak mata di setiap matanya serta mata ketiga yang disebut pariental. Kemungkinan mata ketiga ini berfungsi untuk mendeteksi siklus siang dan malam.  Habitat reptile ini di lepas pantai, Selandia Baru.

No comments: